Mengenal Kelas Kayu yang Awet dan Anti Rayap

 

Berdasar ulasan Indonesian Furnitures, kayu terbagi menjadi beberapa kelas berdasarkan keawetannya dan sifat anti rayap. Adapun kelas-kelas tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Kelas Awet I

Kelas I diisi oleh kayu dengan berat jenisnya lebih dari 0,9, daya lentur sekitar 1100 kg/cm2, dan daya tekan lebih dari 650kg/cm2. Kayu yang dimaksud juga bisa bertahan sekitar 8 tahun di luar rumah tanpa pelindung. Kayu ini sangat tahan rayap. Beberapa pohon yang masuk dalam kelas ini adalah kayu Bengkirai Tua, Balau Tua, Ampupu Tua, dan Bongin.

  1. Kelas Awet II

Kelas ini diisi oleh kayu dengan berat jenis 0,8 sampai 0,9 dengan daya tekan sekitar 425-650 kg/cm2 dan daya lentur sekitar 720-1100 kg/cm2. Kayu ini bisa tahan sampai 5 tahun lamanya jika ada di luar rumah tanpa pelindung. Pohon yang masuk dalam kelas ini adalah pohon Balau Muda, Kayu Jati, Lasi, dan Cempaga. Untuk tahan rayap, kayu kelas ini perlu finishing stain.

  1. Kelas Awet III

Kelas ini diisi oleh kayu dengan berat jenis 0,4 sampai 0,6 dengan daya tekan sekitar 300-425 kg/cm2 dan daya lentur sekitar 500-725 kg/cm2. Kayu ini bisa tahan sampai 3 tahun lamanya jika ada di luar rumah tanpa pelindung. Pohon yang masuk dalam kelas ini Mahoni, Sindur, Salimuni, dan Mentibu. Agar tahan rayap, kayu ini perlu disemprot anti rayap dulu sebelum finishing.

  1. Kelas Awet IV

Kelas ini diisi oleh kayu dengan berat jenis 0,3 sampai 0,4 dengan daya tekan sekitar 215-300 kg/cm2 dan daya lentur sekitar 300-500 kg/cm2. Kayu ini bisa tahan sampai 2 tahun lamanya jika ada di luar rumah tanpa pelindung. Pohon yang masuk dalam kelas ini adalah Surian, Kenanga, dan Merambung.

Sama halnya seperti semut, rayap juga hidup berkelompok. Bedanya, jika semut hanya berkoloni, rayap berkelompok dan menggerogoti kayu juga.

Inilah mengapa manusia sering terganggu dengan adanya rayap di lingkungan mereka. Banyak dari mereka yang mengalami serangan rayap menjadi panik dan membasminya sendiri. Padahal jika salah penangan, bisa lebih berbahaya. Untuk itu, Anda perlu mengubungi jasa anti rayap di https://fumida.co.id/jasa-anti-rayap. Semoga bermanfaat!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *